VIRUS
Virus sebenarnya sebuah program komputer yang dibuat untuk merusak atau membuat sistem komputer tidak berjalan sewajarnya. Virus dapat masuk ke computer tanpa sepengetahuan si pengguna computer dan kemudian menginfiltrasi ke aplikasi yang ada di computer tersebut. Kemudian virus ini dapat menduplikasi dirinya dan akhirnya merusak sistem komputer tersebut sesuai apa yang diprogramkan. Jenis virus komputer banyak sekali serta bermacam-macam cara virus diprogramkan untuk merusak sistem dari komputer. Makanya apapun komputernya minumnya the botol sosro, ehh salahh apapun komputernya seharusnya memakai program anti-virus yang selalu up to date.

WORMS
Worms ini sebenarnya mirip seperti virus tetapi berbeda caranya berbeda untuk menginfiltrasi komputer. Worms seperti virus dapat juga menduplikasi dirinya sendiri tetapi worms tidak menginfiltrasi melalui aplikasi yang ada di komputer. Ancaman dari worms sebagian besar diprogramkan merusak komputer yang terhubung ke jaringan atau network sehingga menyebabkan komputer tersebut mengalami overload bandwidth. Tetapi worms juga dapat menyebabkan hilangnya data file, mengenkripsi file atau file email di komputer yang sudah terinfiltrasi worms. Contoh worms yang terkenal belakangan ini ialah Net-worm.win32.kido.

TROJAN HORSE
Dari namanya pun mungkin anda pernah dengar nama ini, nama Trojan horse berasal dari sejarah jaman yunani. dimana pada saat jaman perang di yunani suatu kelompok tentara sembunyi di dalam patung kuda kayu. Musuh dari tentara ini berasumsi bahwa patung kuda kayu ini adalah sebuah hadiah, jadi mereka membawa patung kuda ini masuk ke dalam kota mereka yang terlindungi oleh tembok-tembok tinggi. Dan akhirnya pada saat malam tentara yang bersembunyi didalam patung dengan leluasa menginfiltrasi kota tersebut. Ancaman Trojan horse pada komputer mirip dengan sejarah yunani tersebut. Biasanya Trojan horse dapat menginfiltrasi komputer si pengguna bila pengguna komputer menerima apa yang ditawarkan suatu utility yang di tawarkan di internet misal suatu utiliti gratis untuk menghapus virus atau bisa juga suatu spyware. Trojan horse tidak selalu membawa efek langsung yang merusak komputer anda, ada juga Trojan yang membuka pintu belakang atau lubang rentan pada komputer sehingga hacker dapat masuk ke sistem komputer kemudian merusaknya atau mengambil data-data pribadi anda. Aplikasi firewall yang baik dapat mencegah sebagian besar Trojan horse ini dan tentu saja selalu up to date anti-virus anda.

SPYWARE
Spyware bekerja dengan menginfiltrasi sistem komputer anda tetapi tujuannya tidak seperti virus ataupun worm. Tujuan spyware ialah untuk mengendalikan sebagian kontrol sistem komputer anda atau mengumpulkan data-data pribadi tanpa sepengetahuan anda. Biasanya spyware dapat menginfiltrasi komputer jika anda mendownload atau install aplikasi gratis yang mengandung spyware di internet. Makanya kalau download aplikasi harus lebih hati-hati dan cermat.

0 Comments:

Post a Comment



KAMI MENGAJAK PUTRA-PUTRI INDONESIA BERSAMA-SAMA DENGAN FIT MENGABDIKAN DIRI KEPADA AGAMA DAN BANGSA